KEKUATAN SISTEM KOLABORASI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KEJURUAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

setyo budi sungkowo

Sari


Mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan dilihat dari seberapa banyak lulusan/alumni yang diserap oleh dunia kerja di industri, seberapa banyak yang berwirausaha, baru kemudian yang bisa studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jawaban penting untuk menjawab tantangan dalam peningkatan mutu SMK  itu adalah kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat yang telah diakui pihak industri. Untuk membekali kompetensi peserta didik SMK tidaklah cukup hanya di sekolah, tetapi harus kolaborasi/bekerja sama dengan banyak pihak, baik dengan lembaga pemerintah/kementrian maupun non kementrian, dunia usaha dan industri juga antar SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa untuk mengembangkan kompetensi lulusan SMK agar berdaya saing  diperlukan kerjasama/kolaborasi dengan berbagai pihak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan pengumpulan dokumen di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Dari Hasil pembahasan bahwa kerjasama antara kementrian, lembaga pemerintah non kementrian, dunia usaha dan industri serta antar SMK dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah kejuruan.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.