ETNOMATEMATIKA PADA CANDI RATU BOKO SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Veronica Rani

Sari


Matematika dalam unsur budaya merupakan sinergi yang tepat dalam menciptakan pembelajaran berbasis realistik. Matematika yang dianggap abstrak akan dikondisikan dalam objek yang konkret melalui suatu media dari unsur budaya. Kaitan antara matematika dan budaya inilah disebut dengan etnomatematika. Tujuan dari penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi ini adalah untuk memanfaatkan peninggalan budaya yang berupa candi yang dapat dijadikan media untuk dieksplorasi secara mendalam dalam konteks matematika untuk menemukan konsep-konsep matematika di dalamnya. Candi Ratu Boko merupakan objek yang menarik untuk dapat dijadikan sebagai media dari pendekatan etnomatematika sebagai pendukung pembelajaran matematika realistik. Metode eksplorasi, observasi dan dokumentasi ditujukan untuk menemukan bentuk-bentuk bangun datar maupun bangun ruang yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran matematika. Sementara wawancara dan studi literatur ditujukan untuk mengetahui nilai-nilai kebudayaan yang terdapat di Candi Ratu Boko. Maka dapat disimpulkan melalui kegiatan tersebut dapat diketahui bahwa di dalam situs bangunan Candi Ratu Boko terdapat beberapa bangunan yang memiliki keterkaitan dengan matematika, salah satunya pada materi Geometri bidang datar seperti segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang dan lingkaran. Dalam hal ini etnomatematika berperan sebagai jembatan antara konsep abstrak matematika dengan objek realitas atau konkret dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci : etnomatematika, candi ratu boko, geometri bidang datar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bazinet, Ryan and Marshall, Anne Marie. 2015. Ethnomusicology,

Ethnomathematics, and Integrating Curriculum. General Music Today, Vol.

(3) 5 – 11. National Association for Music Education.

Sirate, Sitti Fatimah S.. 2015. Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran

Matematika: Suatu Telaah Etnomatematika. Auladuna,Vol. 2, No. 2

Desember: 246-263.

Wahyuni, Astri, dkk.. Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter

Bangsa. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika dengan tema “Penguatan Peran Matematika dan

Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik” pada tanggal 9

November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Yogyakarta. 113-118.

Eman Suherman. et al. (2003). Strategi Pembelajaran matematika kontenporer,

Bandung : JICA UPI

Mustafa, Wijayanti Tri (2011). Pengertian Matematika.Jakarta:PT. Gramedia

Suprijono, Agus (2010). Cooperative Learning.Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar

Suyitno. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang:

Universitas Negeri Semarang

Soenarto, Th.Aquino, Ph.Subroto dan Dukun Santoso.1993. Ratu Boko yang

Terlupakan. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jenderal Kebudayaan Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala

DIY


Article Metrics

Sari view : 110 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.