PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Siti Nurrohmah

Sari


Pengembangan kurikulum dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter di sekolah dasar sangat penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kurikulum dalam meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter, mengetahui kegiatan apa saja yang terdapat dalam kurikulum yang mendukung pelaksanaan peningkatan pendidikan karakter, dan mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam peningkatan pendidikan karakter melalui pengembangan kurikulum di SD 2 Pedes. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum dalam meningkatkan pendidikan karakter di SD 2 Pedes adalah dengan memasukkan pendidikan karakter pada muatan nasional, muatan lokal, gerakan penumbuhan budi pekerti, gerakan literasi, bimbingan psiko-edukatif, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan kewirausahaan, pendidikan berbasis keunggulan lokal/global. Kegiatan dalam kurikulum dalam peningkatan pendidikan karakter adalah bahwa semua kegiatan di SD 2 Pedes dilaksanakan dengan selalu meningkatkan pendidikan karakter peserta didik. Faktor yang mendukung adalah semua tenaga pendidik dan kependidikan SD 2 Pedes, wali murid, komite sekolah dan warga sekitar selalu membantu berperan serta baik secara langsung maupun tidak langsung dalam peningkatan pendidikan karakter peserta didik, sedangkan faktor yang menghambat adalah pengaruh luar sekolah sehingga peningkatan pendidikan karakter menjadi agak lama dan kurang sesuai dengan pengembangan kurikulum di SD 2 Pedes.

Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Peningkatan Pendidikan Karakter


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 39 times
PDF - 642 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.