IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PENGUATAN KARAKTER DI SD NEGERI KALIBAWANG KULON PROGO

Ngatinah Ngatinah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Pelaksanaan Pendidikan penguatan karakter yang meliputi : Perencanaan,Organisasi, Implementasi dan Evaluasi di SD Negeri Kalibawang Kulon Progo. 2) Hambatan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan penguatan karakter ( Pelaksanaan PPK ) di SD Negeri Kalibawang Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kalibawang,Kulon Progo.Data penelitian diperoleh dari Kepala Sekolah,Guru,Tenaga Kependidikan ,siswa.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi pendidikan penguatan karakter sudah berjalan baik,Pelaksanaan SOP Pagi Maupun SOP Siang/Sore sesuai dengan buku pedoman.2) Hambatan – hambatan dalam pelaksanaan pendidikan penguatan karakter meliputi ; a) Bidang religius siswa kurang mengenal guru kelas yang lain; b)Sarana dan prasarana pelaksanaan pendidikan penguatan karakter belum tersedia secara lengkap; c) Pelaksanaan pendidikan penguatan karakter belum dapat mengukur karakter siswa secara menyeluruh. Untuk mengatasi hal tersebut sekolah berupaya untuk : 1) Melaksanakan / merubah SOP pagi dan SOP siang/ sore sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah ; 2) Melengkapi sarana dan prasarana Pendidikan Penguatan Karakter 3} Pelaksanaan pendidikan dan pnguatan karakter harus dapat mengukur ketercapaian . siswa secara menyeluruh.

Kata Kunci; Implementasi,pendidikan karakter


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 49 times
PDF - 258 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.