IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DOLANAN ANAK UNTUK MELATIH KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA ANAK USIA DINI

Dwi Susanto, Moh. Rusnoto Susanto

Sari


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan model pembelajaran permainan tradisional dolanan anak untuk melatih kecerdasan visual spasial pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat, serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Penelitian ini juga memakai metode pencermatan secara holistic melalui pemaknaan pembelajaran permainan dolanan anak yang mampu melatih visual, spasi anak. Subjek penelitian ini adalah siswa TKIT Al-Hikmah Secang, Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional dolanan anak mampu melatih kecerdasan visual spasial anak serta membangkitkan kembali permainan tradisional dolanan anak. Penelitian yang dilakukan ini juga merupakan model pembelajran permainan tradisional dolanan anak yang sarat dengan pendidikan moral dan sosial. Oleh karena itu model permainan tradisional dolanan anak ini sangat penting untuk dikenalkan pada anak usia dini untuk melatih kecerdasan visual spasial serta kecerdasan majemuk lainnya.

Kata kunci: Permainan Tradisional dolanan anak, Kecerdasan Visual Spasial, Anak Usia Dini


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 95 times
PDF - 244 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.