METODE MIND MAPPING SALAH SATU CARA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Nur Rahayu

Sari


Guru harus pandai mengatasi permasalahan yang ada dikelasnya.Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sleman memiliki masalah yaitu nilai rata-rata pelajaran IPA rendah.Metode Mind Mapping diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil Belajar IPA . Tulisan ini memberikan kajian metode Mind Mapping dapat dijadikan variasi pembelajaran IPA terutama untuk materi yang bersifat pengetahuan . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sleman.Penelitian ini merupakan PTK yang dilatar belakangi rendahnya nilai rata-rata IPA di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sleman yaitu sebesar 58.Setelah Penerapan metode Mind Mapping dengan dua siklus penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar IPA yaitu sebesar 14,78 yaitu nilai rata-rata pada siklus pertama nilai menjadi 72,78.Pada siklus kedua juga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 16,72 yaitu nilai rata-ratanya menjadi 74,72 . Penerapan metode Mind Mapping pada kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sleman Juga dapat meningkatkan ketuntasan belajar.Pada siklus pertama nilai ketuntasan belajarnya 88,89 % dan pada Siklus kedua meningkat menjadi 91,67%.

Kata Kunci: Mind Mapping;hasil belajar ; ketuntasan belajar; IPA.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 102 times
PDF - 195 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.