MANAJAMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Bandi Bandi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui manajamen pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di TK Negeri Pringtali Kulon Progo yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang terdiri dari kepala sekolah, pendidik dan siswa di TK Negeri Pringtali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Silabus pembelajaran PAUDdituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan danperencanaan harian/pertemuan. Perencanaan tersebut dilakukan dengan memperhatikantingkat perkembangan, kebutuhan, minat dan karakteristik anak didik, dan aspeka-spekperkembangan meliputi nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasadan sosialemosional. (2) Pelaksanaan pembelajaran di TK Negeri Pringtali dimulai denganhappy morning, kegiatan pembiasaan, transisi, pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan selama main, pijakan setelah main, dan penutup. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metodebermain sambil belajar melalui pembelajaran kelas sentra dengan pendekatanBeyond Center and Circle Time (BCCT), dan metode tanya jawab, cerita, bermainperan atau praktik langsung lapangan. Kegiatan dilakukan dalam suasana bermainyang nyaman, aman, bersih, dan sehat. (3) Penilaian pembelajaran di TK Negeri Pringtalidilakukan dengan observasi setiap saat tidak selama KBM berlangsung sampai selesai pembelajaran. melalui pengamatan, pencatatan anekdot, dan portofolio.

Kata Kunci: manajamen pembelajaran, PAUD, kualitas pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 66 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.