IDENTIFIKASI INDIKATOR DAN BUTIR INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BANDEL MODEL SELF-ASSESSMENT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Restituta Estin Ami Wardani, Ki Supriyoko, Yuli Prihatni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan indikator dan butir-butir instrumen penilaian sikap bandel model self-assessment (penilaian diri) pada siswa sekolah menengah pertama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan instrumen afektif dengan 10 langkah yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi. Subjek penelitian ini adalah 335 siswa SMP yang ada di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan sumatif ratting scale dimodifikasiskala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Analisis data yang digunakan adalah validitas isi dari Aiken dan reliabilitas dengan pendekatan alpha cronbanch. Analisis menggunakan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS17.0. Validitas isi dilakukan untuk melihat kesesuaian indikator dengan konsep bandel berdasarkan ajaran Tamansiswa dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta kesesuaian butir dengan indikator menggunakan indeks Aiken. Hasil penelitian diperoleh indeks Aiken antara 0,750-1,00 dengan rerata 0,795. Hal tersebut menunjukkan bahwa instrumen penelitian sikap bandel siswa SMP yang terdiri atas 6 indikator (kerja keras, semangat, tawakal, tekun, tidak putus asa, dan ulet) dan 24 butir pernyataan, semuanya valid. Nilai reliabilitas instrumen selfassessment sikap bandel adalah 0,850 yang berarti reliabel.

Kata kunci: instrumen penilaian, sikap bandel, self-assessment


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 162 times
PDF - 321 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.