MELACAK PEMIKIRAN AVANT GARDE KI HADJAR DEWANTARA MELALUI KONSEP PENDIDIKAN NASIONAL SEBAGAI FENOMENA QUANTUM LEAP DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ORGANISME

Moh. Rusnoto Susanto, Rahayu Retnaningsih

Sari


Saat ini generasi millenial berada dalam arus besar cybercultures tergulung melalui teknologi komunikasi digital dalam membentuk karakteristik masyarakat kian tercerabut pada akar kulturalnya. Pentingnya mereposisi pendidikan yangbertumpu pada nilai-nilai local geniussebagai dasar pendidikan karakter mengalami kelangkaan. Ki Hadjar Dewanta sebagai tokoh avant garde yang fenomenal melalui ketajaman batin dan pemikirannya yang melahirkan pilarpilar konsep pendidikan dan kebudayaan dikenal sebagai peloncat batasan (quantum leap). ini bermaksud ingin menemukan titik terang pemikiran tokoh avant garde KHD mengenai konsep pendidikan nasional sebagai sebuah fenomena yang memosisikanya pada figur dengan pemikirannya yang melampaui jaman melalui perspektif filsafat organisme. Metode yang digunakan adalah historical approach, dengan teknik content analysis, deskriptif dan komparatif.Data-data itu dianalisa untuk diambil kesimpulan dari fenomena yangada. Pendekatan fenomenologi menjadi bagian penting dalam melacak peta konsep pemikiran KHD dan menemukan kembali berbagai irisan konteks di tengah masyarakat. Sebaran ilmu dan ajarannya dapat dipandang sebagai sebuah fenomena yang tumbuh organis, alami, dan berproses dengan waktu dengan pergolakan jiwa jaman. Pada paparan makalah ini, ingin saya sampaikan bahwa KHD dengan intensi perenungan filosofis yang mendalam dan dasar konsep pemikiran tajamnya tentang pendidikan dan kebudayaan sebagai tesis hidup yang sangat kontemporer, tetap kontekstual, dan tak termakan jaman. Pada perspektif sosioanthropologis, distingsi manusia yang memiliki kemampuan berbudaya yang menunjukkan derajat kemanusiaannya sebagai insan paripurna. Sehingga ajaran hidup KHD mampu menembus berbagai dimensi baik dimensi ruang, waktu, dan dimensi ilmu. Secara fenomenologis, falsafah Ki Hadjar Dewantara merepresentasikan banyak irisan yang sangat nyata pada perspektif filsafat organisme.

Kata Kunci: pendidikan nasional, fenomenologi, quantum leap, dan filsafat organisme


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 67 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.