EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA KURIKULUM 2013

Dian Sri Suhesti, Ari Setiawan

Sari


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kimia.(2) mengetahui penilaian guru dalam pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan formatif dari Scriven. Evaluasi dilakukan pada proses pembelajaran kimia yang sedang berjalan. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Banguntapan. Responden yang dilibatkan ini adalah siswa SMA, dengan jumlah responden 58 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai instrumen berupa kuesioner dengan model sumatifrating scale yang memodifikasi dari skala likert. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif, dengan bantuan program excel. Hasil analisis disajikan dalam histogram untuk menggambarkan capaian proses pembelajaran dan penilaian yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian ini adalah: (1) dikeahui capaian proses pembelajaran kimia yang dibagi dalam 3 bagian pendahuluan masuk kategori baik yaitu 55,17%, model pembelajaran yang digunakan masuk kategori baik (51,73%) dan kegiatan praktikum dalam pembelajaran masuk kategori sangat baik, 55,17%. (2) penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru masuk kategori baik, 65,52%. Secara keseluruahan hasil evaluasi menunjukan bahwa pembelajaran kimia yang dilakukan oleh guru sudah baik. Saran diberikan pada guru dalam hal pendahulaun atau persiapan dalam mengajar yang perlu lebih ditingkatkan.

Kata kunci: evaluasi, pembelajaran kimia, formatif


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 62 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.