MANAJEMEN PEMBINAAN GURU MATEMATIKA

Agustina Sri Purnami

Sari


Pendidikan di Indonesia, guru menempati posisi penting dan sentral, karena guru memberikan kontribusi yang tinggi untuk peningkatan hasil belajar siswa. Guru masih menjadi ujung tombak dalam pendidikan. Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Di Indonesia guru menjadi ujung tombak dalam pendidikan, artinya kualitas luaran pendidikan yang salah satunya ditentukan oleh hasil ujian nasional (UN) sangat ditentukan oleh gurunya. Berdasarkan hasil servey awal terhadap beberapa guru matematika di SMP diperoleh bahwa guru kurang antusias saat diskusi mengenai materi matematika, apalagi materi matematika yang diorientasikan pada soal olimpiade. Bagi guru-guru yang memperoleh hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) matematika baguspun kurang antusias dslam menanggapi diskusi yang meyangkut materi yang sifatnya tidak rutin. Maka guru perlu disentuh dan diperhatikan dalam pembinaannya. Salah satu pembinaan yang ditawarkan dalam pembinaan ini adalah mengelola dan me’manage’ belajar bersama dengan teman sejawat dengan dipandu oleh expert, dalam hal ini dosen matematika. Dengan dara ini maka guru lebih bersemangat dalam belajar materi matematika yang sifatnya tidak rutin.

Kata kunci: Pembinaan guru matematika SMP, me’manage’ belajar bersama teman sejawat, expert


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 23 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.