MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Yeni Dwi Kurino, Yuyun Dwi Haryati, Uswatun Hasanah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD. Berdasarkan hasil observasi di lapangan bahwa banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal Matematika yang diberikan oleh peneliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatakan hasil belajar siswa setelah menggunakan Peneliti menggunakan model Word Square. Melalui model ini siswa mampu diarahkan untuk senantiasa berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Model Kemmis Tagart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 34 orang. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, lembar evaluasi dan kamera. Dari Hasil belajar yang diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar mulai dari data awal 49,20%, 66,02%, 75%, 77,05% dan hingga mencapai 78,23%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa model word square   dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Model pembelajaran, Word square, Hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Peembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas Viiic Smp Negeri 1 Lampihong. Jurnal pendidikan kewarganegaraan.

Apriyanto, A. (2015). Efektivitas Penggunaan Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Mengenal Hijrah Nabi Muhammad Saw Ke Madinah Pada Siswa Kelas V Mi Futuhiyyah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo: tidak diterbitkan.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinekacipta.

Fuadah, Aulia. (2015). Keefektifan Word Square dalam Pembelajaran IPS Materi Uang Tema Permainan pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Pepedan Purbalingga. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang: tidak diterbitkan.

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, dkk. (2015). Ragam Pengembangan Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Pebrianti, A. (2016). Penerapan Active Learning Tipe Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V. PGSD Majalengka. Tidak diterbitkan.

Sapriya. (2014). Pendidiakan IPS. Bandung: Rosdakarya.

Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukandheni. (2014). “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V”. Jurnal Mimbar Jurusan PGSD. Vol. 2. No. 1 (hlm. 2-3).

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

___________. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suprijono, A. (2015). Cooperative learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Swapranata, A. 1, Pt. Riastini, N. 2, Japa, N. 3. (2016). Penerapan Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Semester Genap. [Online], Vol (4), 11 Halaman. Tersedia: http://ejournal.undiksha.ac.id.html(7 Maret 2018).

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 Bab 2 Pasal 3 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Trianto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Wiriatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zainal, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.


Article Metrics

Sari view : 129 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.