OPTIMALISASI HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PETARANGAN

Atika Dwi Evitasari, Titi Nurjanah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SD Negeri Petarangan Kemranjen Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan quasi experiment, menggunakan nonequivalent control group design. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA melalui model project based learning pada peserta didik kelas IV SD Negeri Petarangan Kemranjen Banyumas. Hal tersebut selaras dengan kelebihan dari model Project Based Learning yang berupa: 1) meningkatkan motivasi; 2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah; 3) meningkatkan kolaborasi; 4) meningkatkan keterampilan mengelola sumber; dan 5) increased resource–management skill.

 

Kata kunci:hasil belajar, IPA, model Project Based Learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Fathullah Wadji. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17 (1), 81-97.

Hosnan. (2016). Pendekataan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar Syofian. (2013). Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara .

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Sari view : 16 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.