PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Agitta Mahardhika

Sari


Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar IPA siswa sekolah dasar.  Model contextual teaching and learning sebagai suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret (terkait dengan kehidupan nyata) melalui aktivitas siswa dalam mencoba, melakukan, dan mengalami sendiri sehingga pembelajaran IPA lebih bermakna. Dengan lima strategi yang menjadi tahapan dalam pembelajaran CTL, yaitu relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring, diharapkan siswa mampu mencapai kompetensi secara maksimal. Pembelajaran yang bermakna akan berdampak pada meningkatnya keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Keadaan tersebut tentu dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa sekolah dasar.

Kata kunci: model contextual teaching and learning (CTL), prestasi belajar, IPA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosda.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.

Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Eline B. Johnson. (2014). CTL (Contextual Teaching and Learning), Menjadikan Kegiatan Belajar-mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Husdarta dan Yudha Saputra. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

M Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar International. Yogyakarta: Teras.

Ridwan Abdullah Sani. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman Samatowa. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.


Article Metrics

Sari view : 15 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.