PENGARUH MODEL TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SINDUREJAN

Anis Yuliyanti, Esti Harini

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) tergolong sedang dengan skor rata-rata 65,282 pada interval   ≥ 58,35 < X ̅ ≤ 75,05  kategori tinggi    model TPS (Think Pair Share)  kategori tinggi. dan model konvensional tergolong sedang dengan skor rata-rata 49,935 pada interval antara 41,65 < X ̅ ≤ 58,35 metode konvensional termasuk kategori sedang. Hasil analisis signifikansi 0,000 < 0,05 ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar matematika. Sehingga terdapat perbedaan  signifikan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan metode konvensional. Dengan melihat rerata hasil belajar yang menggunaan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) adalah 65,282 dan yang menggunakan metode konvensional dalah 49,935.

 

Kata Kunci : TPS (Think Pair Share), metode konvensional, hasil belajar.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrohman Rais, dkk. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair- Share (TPS) Dan Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Skripsi, tidak diterbitkan. Purworejo: Program Studi Pendidikan Matematika

Asy’ari. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Question student Have Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi, tidak diterbitka. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Edita Sari. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Talking Stick Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Kompas. http://edukasi.kompas.com/read/2012 /12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan.Matematika.Indoesia.Menurun. Jum’at 14 Desember 2012.

Purwanto. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Cv.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Sari view : 24 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.