PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN SEDERHANA KELAS II SD NEGERI SINGOSAREN

Arifah Arifah

Sari


Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menerapkan  model example non example terhadap kemampuan menulis laporan sederhana, diharapkan dalam penerapan model example non example ini dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis pada siswa khususnya menulis laporan sederhana dan siswa dapat mengembangkan cara berfikir dan mengembangkan kosakata. Ada perbedaan yang sangat segnifikan kemampuan menulis laporan sederhana siswa kelas II SD Negeri Singosaren yang menggunakan model example non example dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran picture and picture. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan thitug  = 3,985 dengan p = 0,001. Rata-rata kemampuan menulis laporan sederhana siswa dengan model pembelajaran example non example ( = 11,471) lebih tinggi daripada model picture and picture ( = 11,105) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran example non example terhadap kemampuan menulis laporan sederhana siswa kelas II SD Negeri Singosaren Bantul. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa penggunaan model example non example menulis laporan sederhana dalam pembelajaran bahasa Indonesia berhasil diterapkan dan berhasil meningkatkan kemampuan anak pada keterampilan menulis.

Kata Kunci:  model Example Non Example; model picture and picture


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Suprijono. 2009. Metode dan Model Mengajar. Bandung: Pustaka Pelajar.

Bruce Joyce, Marsha Weil, dan Emily Calhoun.2009. Models of Teaching. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Englewood Cliffts, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Dewi Kusumaningsih,dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Jumanta Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Karakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Miftahul Huda. 2014. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Y. Slamet. 2007. Dasar-dasar Keteramilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga Pendidikan (LPP) uns DAN UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Pres).

Ibrahim Muslimin 2000. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung:Yrama Widya.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran:Megembangkan Provesioalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Siti Anisatun Nafi’ah. 2018. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prektek.Bandung: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.


Article Metrics

Sari view : 11 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.