PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD WIROKERTEN

Arifah Nur Azizah, Trisharsiwi Trisharsiwi, Dwi Wijayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam implementasi nilai-nilai sosial yang dilaksanakan di sekolah terutama pada kelas IV SD Wirokerten Banguntapan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SD Wirokerten Banguntapan Bantul. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yaitu dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Data yang telah diperoleh dianalisisi menggunakan data analisis kualitatif (miles dan huberman), yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil implementasi nilai-nilai sosial sudah dilaksanakan di SD Wirokerten. Guru sangat berperan dalam implementasi nilai-nilai sosial teruama pada kegiatan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran guru menyelipkan nilai-nilai sosil dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta pada saat kegiatan pembelajaran memberikan ilustrasi atau peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dan menggunakan metode diskusi kelompok agar siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata kunci: peran guru, nilai-nilai sosial, pembelajaran tematik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmini, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah . Yogyakarta : Diva Press.

Budiarti , A. C. (2009). Sosiologi Kontekstual Untuk SMA & MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi Kurikulum 213. Yogyakarta: Gava Media.

Hartono . (2011). Penddikan Integratif . Purwokerto: Stain Pers .

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila . Yogyakarta: Paradigma.

Ketamansiswaan, T. D. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan . Yogyakarta : UST.

Kunandar . (2010). Guru Profesional . Jakarta : Rajawali Press.

Lickona, T. (2012). Educating for Character Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Machson, & Samsuri. (2013). Dasar - dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Ombak.

Muhammad, M. (2014). Nilai Karakter. Jakarta : Rajawali Pers.

O'Neil, W. (2008). Ideologi - ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruswanto. (2009). Sosiologi Untuk SMA & MA Kelas 10. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Setyawan , G. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan Nasional . Bandung: Remaja Rosdakarya .

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat.

Tias, E. A. (2017). ‚ÄĚPenanaman Nilai-nilai Sosial dan Sikap Nasionalisme melalui Mata PelajaranIlmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 2 Wonotirto Bulu Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017" Skripsi,tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Waluya, B. (2009). Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional.

Wiyani, N. A. (2012 ). Manajemen Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasi di Sekolah. Yogyakarta : PT pustaka Insan Madani.

Wulansari, D. (2009). Sosiologi (Konsep dan Teori). Bandung : Refika Aditama.


Article Metrics

Sari view : 58 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.