KAJIAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF DI SEKOLAH DASAR

Bachrul Ulum, Siti Anafiah, Biya Ebi Praheto

Sari


Artikel ini menjelaskan model yang dapat diterapkan pada pembelajaran membaca intensif di sekolah dasar. Ada banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran membaca intensif di sekolah dasar. Salah satunya adalah model pembelajaran cooperative script. Cooperative script merupakan pembelajaran yang dapat membantu siswa berpikir secara sistematis dan berkonsentrasi pada pembelajaran. Model pembelajaran cooperative script juga dapat memudahkan siswa dalam menemukan ide-ide pokok dan gagasan yang terdapat dalam suatu wacana.  Dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script tersebut diharapkan siswa akan lebih aktif dan fokus dalam mengikuti pembelajaran membaca intensif di sekolah dasar

 

Kata Kunci: Membaca Intensif, Cooperative, Cooperative Script


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarwati, Rini. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas III Sd Negeri Sukolilo 01 Pati. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, tanggal 9 Mei 2018. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Armansyah. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII Smp Negeri 1 Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan. 1 (2).

Asrianty, Mega. (2013). Penerapan Metode Membaca Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Antologi PGSD Bumi Siliwangi. 3 (1).

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, Irwan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan. 4 (2). Hlm. 562—568.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran :Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Resmiati, Triska Fauziah. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dan Kemampuan Berpikir Analitik Dengan Metode GIST (Generating Interaction Schemata And Text) Melalui Pendekatan Saintifik.1 (2). Hlm. 138-158.

Ruminah dan A. A. Sujadi. (2014). Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Matematika Melalui Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas VIIIA SMP N 1 Binangun Cilacap. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (2).

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suwarno, Agus dan Agustina Asteria Eca. (2017). Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan Sosial. 4 (2).

Yuliani, Nofiya. (2013). Penerapan Strategi SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD. 2 (1).


Article Metrics

Sari view : 48 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.