MULTIMEDIA INTERAKTIF KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI PROGRAM STUDI PGSD

Biya Ebi Praheto, Andayani Andayani, Muhammad Rohmadi, Nugraheni Eko Wardani

Sari


Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran mampu membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran dan membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran. Keterampilan berbicara merupakan salah satu muatan pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia yang diajarkan pula di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Oleh sebab itu, media pembelajaran keterampilan berbicara diperlukan dalam rangka menunjang proses belajar mengajar serta membantu peserta didik untuk terampil berbicara bahasa Indonesia. Salah satu media yang dapat diunakan yaitu multimedia interaktif. Hal itu dikarenakan multimedia interaktif mampu membuat berbagai unsur baik teks, suara, video, animasi maupun gambar. Hal tersebut dapat membantu mahasiswa untuk tidak hanya menerima muatan teortis melainkan pula mahasiswa dapat berpraktik dengan bantuan multimedia pembelajaran. Multimedia interaktif keterampilan berbicara bahasa Indonesia memuat beberapa menu utama diantaranya yaitu home, RPS, materi, praktik, game, musik, profil pembuat, dan referensi. Diharapkan dengan adanya multimedia interaktif mampu membantu peserta didik untuk terampil berbicara berbahasa Indoesia dengan baik.

 

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ampa, Andi Tenri. 2015. The Implementation of Interactive Multimedia Learning Materials in Teaching Listening Skills. English Language Teaching, Vol. 8, No. 12, Page 56-62.

Chachil, Ketty, et. al. 2015. Interactive Multimedia-based Mobile Application for Learning Iban Language (I-MMAPS for Learning Iban Language). Procedia - Social and Behavioral Sciences 167. Page 267 – 273.

Hartono. 2005. Berbicara Retorika. Yogyakarta: UNY Press.

Ilhan, Genç Osman & Oruç, Şahin. 2016. Effect of the use of multimedia on students’ performance: A case study of social studies class. Academic Journal- Educational Research and Reviews, Vol. 11(8), Page. 877-882.

Majid, Mohd Shafeirul Zaman Bin Abd, et. al. 2012. The Development of Technical English Multimedia Interactive Module to Enhance Student Centered Learning (SCL). Procedia - Social and Behavioral Sciences 67, Page 345 – 348.

Praheto, Biya Ebi, et. al. 2017. Peran Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di PGSD. Proceedings Education and Language International Conference. Vol. 1, No. 1, Page 173-177.

Salameh, Osama. 2011. A Multimedia Offline Cell Phone System For English Language Learning. International Arab Journal of e-Technology, Vol. 2, No. 1, Page 44-48.

Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Safira Insania Press: Yogyakarta.

Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Makro: Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Tiara Wacana: Yogyakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainuddin, Nurkhamimi & Sahrir, Muhammad Sabri. 2016. Multimedia Courseware for Teaching Arabic Vocabulary: Let’s Learn from the Experts. Universal Journal of Educational Research, Vol. 4, No. 5, Page 1167-1172.


Article Metrics

Sari view : 65 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.