PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD 1 SEWON

Cahyu Agustin Wulandhari, Heri Maria Zulfiati, Ayu Rahayu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik di kelas IV SD 1 Sewon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembentukan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik di kelas IV SD 1 Sewon dilaksanakan dengan keteladanan, pembiasaan dan pengkondisian. Cara guru dalam merencanakan pembelajaran tematik untuk menanamkan karakter peduli lingkungan yaitu membuat RPP serta menyelipkan karakter peduli lingkungan, menyiapkan media, metode, bahan ajar serta lembar penilaian. Faktor pendukung dan penghambat yaitu adanya peran guru dan kegiatan rutin Jum’at bersih. Fator penghambat yaitu social ekonomi siswa yang berbeda dan belum semua siswa melaksanakan kegiatan peduli lingkungan secara kontinu.

Kata kunci: Pembentukan karakter, peduli lingkungan, pembelajaran tematik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmani, J. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Buchori M. Sukemi. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter di Indonesia dalam Seting Sekolah. Proceding, Seminar Nasional. Yogyakarta: IKA UNY

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

-------. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas

Dewantara, K. 2013. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian: Pertama. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Koesoema, Doni. 2015. Strategi Pendidikan Karakter, Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Kanisisus.

Hartono. (2011). Pendidikan Integratif. Purwokerto: Stain Pers.

Kemendiknas. (2010). Kementerian Pendidikan Nasinal tentang pengembangan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas

Muhtadi, A. (2011). Tingkatkan Taqwa melalui Kepedulian Lingkungan. Jakarta: Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim . PBNU.

Prastowo, A. (2015). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umaiyah, S. (2018). Banyak Limbah yang Dibuang Sembarangan, Sungai Widuri Alami Pencemaran Parah. diakses pada 27 Oktober 2018. dari (http://jogja.tribunnews.com/2018/10/21/banyak-limbah-yang-dibuang-sembarangan-sungai-widuri-alami-pencemaran-parah)

Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya

Wibowo, Agus. (2012), Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yeni Lestari (2014). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa


Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.