PENERAPAN SISTEM AMONG DI SEKOLAH DASAR

Catur Retno Sari, Ahmad Tafaul Rosyid, Yurista Prestika

Sari


Sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami banyak perubahan. Sistem pendidikan yang dipilih lebih banyak mengadopsi sistem pendidikan dari Negara Barat. Sistem pendidikan tersebut dianggap baik dan berhasil untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, walaupun tidak sedikit pula yang gagal karena tidak sesuai dengan nilai dan budaya Indonesia. Oleh sebab itu sistem pendidikan asli Indonesia perlu diterapkan. Sistem pendidikan tersebut dinamakan sistem among. Sistem among adalah sistem pendidikan yang mengusung nilai dan budaya lokal Indonesia untuk mencetak generasi penerus yang beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur, cerdas dan berketerampilan. Di dalam sistem among guru sebagai pembimbing serta fasilitator bagi anak. Hal ini dijelaskan pada makna sistem among berlandaskan Tut Wuri Handayani yang mengajarkan guru untuk dapat mendukung dan mendorong anak dalam menemukan bakatnya. Selain Tut Wuri Handayani ajaran Ki Hadjar Dewantara yang berkaitan dengan sistem among diantaranya adalah daya cipta, rasa dan karsa kodrat alam serta kemerdekaan.

Kata kunci: sistem pendidikan, sistem among


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boentarsono, B., dkk. (2018). Tamansiswa Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat. (6th ed.) Yogyakarta: UST-Press.

Firdiansah, Fikri & Agus Suprijono. (2013). Pendekatan Sistem Among pada Proses Pembelajaran di SMK Taman Siswa Kediri Tahun 2006 2012/2013 dalam Dinamika Modernisasi. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah 1(3), 607-614.

Suwarjo. (1999). Pendidikan Among Sistem. (1st ed.) Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Pratomo, Wachid. (2018). Modul Kepramukaan. (1st ed.) Yogyakarta: UST.

Raharjo, Sabar Budi. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudaan 16(3), 229-238.

Tanaka, Ahmad. (2018). Sistem Among, Dalton, dan Shanti Niketan: Kajian Komparatif Historikal Sistem Pendidikan Indonesia, Amerika, dan India serta Implikasinya bagi Kemajuan Pendidikan di Indonesia Konteks Kekinian. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah 1(1), 53-73.

Tim Dosen Ketamansiswaan. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: UST.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses 1 April 2019 dari https://s3.amazonaws.com/academia.edu. documents/17158293/uusisdiknas.pdf? Undangundang_Republik_Indonesia_No mor_2.pdf.

Wangid, Muhammad Nur. (2009). Sistem Among Pada Masa Kini Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan 39(2), 129-140.

Wardani, Kristi. (2010). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceding of the 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference yang diselenggarakan oleh UPI dan UPSI, tanggal 8-10 November 2010. Bandung: UPI.


Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.