PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V

Deni Riwayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tematik muatan PKn siswa kelas V SD se-Gugus Empat Sewon tahun ajaran 2018/2019 semester II antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatuf tipe Think Pair Share dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode quast eksperiment atau eksperimen semu. Sampel penelitian ini sebanyak 100 siswa yang diambil secara random. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) terdapat perbedaan hasil belajar PKN siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. (2) Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model Group Investigation. (3) perbedaan tersebut dilihat dari skor hasil belajar tematik muatan PKn siswa diperoleh thitung (2,130), sedangkan ttabel (1,66055) pada signifikansi 5 %. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,130>1,66055). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatuf tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar tematik muatan PKn siswa dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.

 

Kata kunci : pembelajaran tematik, hasil belajar, PKn, Think Pair Share


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Aziz Wahab dan Sapriya. (2011). Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Medi.

Dosen Ketamansiswaan. (2014). Materi Kuliah

Ketamansiswaan. Yogyakarta: UST .

Jumanta Hamdayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter . Bogor: Ghalia Indonesia

Ki Hadjar Dewantara. (2013). Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka, Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa.

Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006

Rahayu Mardiyanti T, dkk. 2017. “Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Group

Investigation Berbasis Observasi Gejala Fisis Pada Pembelajaran IPA-

Fisika Di SMP”. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Vol. 6 Nomor 1) Hlm. 56-62.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeda.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.


Article Metrics

Sari view : 11 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.