MODIFIKASI KURIKULUM UNTUK ANAK LAMBAN BELAJAR PADA ASPEK BERHITUNG KELAS IV DI SDN KOTAGEDE 3

Deswita Natalia, Temy Larasati

Sari


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modifikasi kurikulum bagi anak lamban belajar (ALB) di Sekolah Dasar serta untuk membantu meningkatkan kemampuan berhitung bagi anak lamban belajar (ALB) di kelas IV. Metode yang digunakan adalah metode Riset and Development (R&D) dengan menggunakan model desain Analysis Desain Develop Implement Evaluate (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya modifikasi kurikulum dapat membantu meningkatkan kemampuan berhitung anak lamban belajar di kelas IV SDN Kotagede 3 Yogyakarta, yaitu Dyaksa mengalami peningkatan sebanyak 19 angka dan Nanda mengalami peningkatan sebanyak 10 angka.

Kata kunci: modifikasi kurikulum, anak lamban belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisiyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Amir, & Triani, N. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (Slow Learner). Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Anggraeni, L. (2015). Kecerdasan Interpersonal Siswa Slow Learner di Kelas III SD Negeri Jlaban Yogyakarta. Yogyakarta: PGSD.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2005). Educational research: an introduction, Fourth Edition. New York: Longman. Inc.

BSNP. (2008). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.

Malik, N. I., Rehman, G., & Hanif, R. (2012). Effect of Academic Interventions on thr Developmental Skills of Slow Learners. Pakistan Journal of Psychological Research, 27, 135-151.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mumpuniarti. (2007). Pendekatan Pembelajaran bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Reddy, G., Lokanadha, R., Rama, & A, K. (2010). Slow Learners: Their Psychology and Instruction. New Delhi: Discovery Publishing House.

Rochyadi, E., & Alimin, Z. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Savage, J. F., & Mooney, J. (1979). Teaching Reading to Children with Special Needs . Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, & Widyasih. (2010). Psikologi Ibu dan Anak. Yogyakarta: Citramaya.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Pernada Media Group.

Wijaya, A. (2016). Layanan Akomodasi Guru dalam Pembelajaran untuk Siswa Lamban Belajar (SLow Learner) di Kelas V A SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Yogyakarta: PGSD.


Article Metrics

Sari view : 171 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.