MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR

Elfrida Gupita Eka Cipta

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran seni tari tradisional dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran seni tari tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data, seperti lingkungan masyarakat sekolah dan lembaga pendidikan formal. Berdasarkan hasil observasi di sekolah dasar di era zaman sekarang masih banyak siswa yang kurang minat dalam mempelajari seni tari tradisional. Keadaan tersebut dikarenakan siswa lebih memilih mengganggu temannya, jam pembelajaran yang kurang efektif, metode guru yang kurang dikembangkan. Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran seni tari tradisional ini disebabkan oleh jam pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari yang memicu siswa sudah kelelahan dalam pembelajaran sebelumnya, metode guru yang membosankan sehingga siswa menganggu teman lainnya. 

Kata kunci: Seni tari tradisional, minat belajar.                    

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Euis Karwati & Donni Juni. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayati, Salis. 2017. Pengajaran Seni Tari Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak SD atau MI. [Internet]. Tersedia di https://berita-pgmi.blogspot.com/2017/01/artikel-pengajaran-seni-tari.html?m=1

Khairani, M. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Mulyani, N. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Ningrum, Rahma. N. R. 2017. Penanaman Nilai Moral dan Nilai Budaya melalui Ekstrakulikuler Seni Tari Siswa SD Negeri Dalem Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Poppy Indriyanti & Dyan Indah P.S. 2017. Eksplorasi Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Tari Di SD Taman Muda Ibu Parawiyatan Yogyakarta. Journal LP3M, 3 (1), 47-61.

Putri, M. A. 2016. Minat Siswa Kelas IV dan V dalam Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di SD Negeri Pekauman 1 Kota Tegal. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Rifa'i, Ahmad dan C. T. Anni 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes press.

Satri, Wiwid. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Replika Peta terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman di Negerikuu Kelas IV SD Se-Gugus Pakualaman 1. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim Dosen Ketamansiswaan. 2014. Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Widiastuti, Alfin. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD 1 Kadipiro Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.


Article Metrics

Sari view : 59 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.