CHARACTER BUILDING DAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUTRI 4.0

Evi Maulidah

Sari


 

Pada era revolusi industri jilid 4.0 ini, teknologi telah berperan besar dalam memenuhi kebutuhan manusia. Banyak kegiatan dan pekerjaan manusia yang telah digantikan oleh mesin. Hal ini mengancam eksistensi manusia khususnya masyarakat Indonesia yang menurut ramalan akan menikmati bonus demografi beberapa tahun mendatang. Pendidikan sebagai lembaga yang paling strategis dalam mengawal generasi milineal ini dituntut untuk dapat membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang tidak hanya berupa hard skill, melainkan juga soft skill, yang tidak hanya unggul secara intelektual namun juga mempunyai karakter yang luhur. Pada tulisan ini, akan disajikan tentang konsep character building, ketrampilan abad 21, cara menanamkannya melalui pembelajaran dan metode yang tepat untuk menerapkannya.

 

Kata kunci : Character building, Keterampilan abad 21, Pembelajaran di era revolusi industri 4.0


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Masrukhin (2013). Model Pembelajaran Character Building dan Implikasinya Terhadap Perilaku Mahasiswa. Jurnal Humaniora, 4 (2), 1229-1236.

Bappenas (2017). Bonus Demografi 2030-2040 : Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. Siaran Pers.

Dalmeri (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Al-Ulum, 14 (1), 269-288.

Dalyono (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Hibur Tanis (2013). Pentingnya Pendidikan Character Building dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa. Jurnal Humaniora, 4 (2), 1212-1219.

Ibda, Hamidulloh (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought Of Islamic Education, 1 (1), 1-21.

Kemendikbud (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendiknas RI (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kurniasih, Imas dan sani, berlin (2017). Pendidikan Karakter. Jakarta : Kata Pena.

Lickona, Thomas (2002). Eleven Principles of Effective Character Education. Washington : Character Education Partnership.

Mubarak, Zaki (2018). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Problematika Pendidikan Tinggi. Yogyakarta : Ganding Pustaka.

Perpres (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Saputro, Hengkang Bara (2016). Peran Guru SD Dalam Membangun Karakter dan Kecakapan di Abad 21. Prosiding, Seminar Nasional PGSD dan BK yang diselenggarakan oleh FKIP UAD, tanggal 20 Maret 2016. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Zubaidah, Siti (2016). Keterampilan Abad 21 : Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Prosiding, Seminar Nasional MIPA yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, tanggal 10 Desember 2016. Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Zubaidah, Siti (2018). Keterampilan Abad 21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengasesnya. Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan Biologi yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau, tanggal 28 April 2018. Riau: Universitas Islam Riau.


Article Metrics

Sari view : 130 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.