PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA

Fepri Susanti, Siti Anafiah

Sari


Beberapa hal menjadi masalah dalam pembelajaran salah satunya adalah sumber belajar yang kurang variatif sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, strategi guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar oleh siswa di SD Negeri Bahayangkara Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kelas II, kelas IV dan kepala SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, penelitian ini menggunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi, yaitu triangulasi 3 sumber, triangulasi teknis dan triangulasi waktu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan data analisis kualitatif (huberman dan miles), yaitu pengumpulan data, penyajian data , reduksi data , dan penarikan kesimpulan. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik sudah dilaksanakan oleh sebagian guru di SD Negeri Bhayangkara.

Kata kunci: Pemanfaatan lingkungan sekolah, Sumber belajar, metode kualitatif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum2013). Yogyakarta: Gava Media.

Hartini dan Eveline. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Ikhsan, Andi, dkk. (2017). “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 2 Nomor 1). Hlm. 3-6.

Ruslan, dkk. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Sceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1). 6.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widiasworo, Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Sari view : 10 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.