STATUS SOSIAL DAN POLA ASUH ORANG TUA SEBAGAI FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Fifi Dwi Adhayanti, Ardian Arief

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan  masing-masing dan secara simultan antara status sosial dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD 1 Sewon. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji hipotesis product moment dan uji hipotesis analisis regresi berganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi: uji normalitas, uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara status sosial dan hasil belajar dengan nilai  = 0,548 > rtabel = 0.367; terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar dengan nilai  = 0,479 > rtabel = 0.367; terdapat hubungan antara status sosial dan pola asuh orang dengan hasil belajar secara simultan dibuktikan dengan nilai (R) = 0,710; R2 = 0,505, yang berarti bahwa hasil belajar dapat dijelaskan oleh status sosial dan pola asuh orang tua 50,5%, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan status sosial dan pola asuh orang tua secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD 1 Sewon.

 

Kata Kunci: Status Sosial, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Syani. 2012. Sosiologi Skematik, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Al Tridhonanto. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Komputindo.

Emi Karnangsyah. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling,” Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol. 3 Nomor 1). Hlm. 1- 9.

Ki Hadjar Dewantara. 2011. Bagian Pertama :Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Ki Hadjar Dewantara. 1977. Bagian Pertama :Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Muhammad Syarif Hidayatullah. 2016. “Status sosial orang tua dan prestasi akademik siswa,”Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi (Vol. IV Nomor 2). Hlm. 195.

Nuvida Raf. 2011. Buku Ajar Sosiologi Pedesaan. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Ngasriani Fitrianingsih, Rustiyarso, Izhar Salim.2016. “Pengaruh Status Sosial Keluarga Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pendidikan Sosiologi FKIP Untan”. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Pontianak: Untan.

Restih. 2016. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X Sma Negeri 20 Konsel Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Halu Oleo,” Skripsi, Tidak Diterbitkan. Kendari.

Soerjono Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Grafindo

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (upaya membangun citra membentuk pribadi anak). Jakarta: Rineka Cipta.

Yayu Zuliantini, Yusmansyah dan Shinta Mayasari. 2018. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar”. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Article Metrics

Sari view : 43 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.