KAJIAN TENTANG HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ika Widyastuti

Sari


Tujuan dari kajian pustaka ini adalah untuk mengkaji seberapa besar hubungan kemandirian belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. Kurangnya rasa mandiri pada siswa dalam proses belajar dan kurangnya perhatian orang tua dapat berakibat pada prestasi belajar yang rendah. Untuk menumbuhkan rasa kemandirian siswa terdapat upaya-upaya pengembangan kemandirian dan menumbuhkan perhatian orang tua terhadap siswa. Kemandirian belajar dan perhatian orang tua adalah salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar. Dalam kajian pustaka  ini menggunakan metode deskriptif tinjauan pustaka. Teknik pengumpulan data adalah dengan mengumpulkan data dalam bentuk artikel jurnal ilmiah yang telah terbukti benar. Pada jurnal yang telah diperoleh kemudian dipilih jurnal yang paling relevan dengan artikel penelitian sebagai dasar penguatan pada simpulan hasil beberapa artikel yang diperoleh. Data yang ingin diperoleh pada telaah kajian pustaka ini adalah untuk mnegetahui seberapa besar hubungan antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan.

 

Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. & Mohammad Asrori. (2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Rikani dan Hisyam, Djihad (2012). Universitas Negeri Yogyakarta. Hubungan Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar. Vol.7(1), 33-37

Danarjati, Dwi P., Murtiadi, A., & Ekawati, Ari R. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Euis Karwati dan Donni Juni Priasa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

Mudjiman, Haris. 2009. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Muhammad Fathurahman dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada

Siswoyo,D. dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.

Suhendri, Huri. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematika-Logi, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1 (I):29-39. Universitas Indraprasta PGRI.

Suryabrata, Sumadi. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Sari view : 54 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.