KAJIAN PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Khasbi Ainun Najib, shanta Rezkita

Sari


Kompetensi guru sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, salahsatunya kemampuan guru dalam manajemen kelas. Manajemen kelas merupakan hal yang harus dilakukan untuk menciptakan kondisi kelas yang nyaman. Guru sebagai karakter utama yang akan menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran khususnya menciptakan manajemen kelas untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Manajemen kelas yang efektif perlu diupayakan agar tercapai hasil belajar IPA baik aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Manajemen juga berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran, terutama strategi dalam penggunaan media dalam belajar IPA. Dengan demikian pembelajaran IPA tidak hanya menekankan pada pemahaman pengetahuan faktual dan konseptual, namun juga pemahaman prosedural untuk menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0.

 

Kata kunci: manajemen kelas, hasil belajar, IPA

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Suprijono. (2014). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anderson, W & Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.

Beni Ambarjaya. (2012). Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Center for Academic Publishing Service.

Braund, M. (2008). Starting Science...Again?: Making Progress in Science Learning. London: SAGE Publication Ltd.

Dheni Purwanti (2015). Manajemen Kelas di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Erwin Widiasworo. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gest, S. D., Madill, R. A., Zadzora, K. M., Miller, A. M., & Rodkin, P. C. (2014). Teacher Management of Elementary Classroom Social Dynamics : Associations With Changes in Student Adjustment. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 22(2), 107–118. https://doi.org/10.1177/1063426613512677

Ki Hadjar Dewantara. (2011). Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan.

Miftahul Huda. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pengajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. (2015). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Shanta Rezkita & Ana Fitrotun Nisa. (2016). Keterampilan Proses Sains Siswa Berkebutuhan Khusus di Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta.. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v3i1.729.g666

Slamet Supriyadi & Dyah Sriwilujeng. (2016). Guru Pembelajar: Modul Pelatihan SD Kelas Tinggi, Pengembangan Materi Ajar Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56-74. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Syaiful Bahri Djamarah (2015). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wisudawati (2014). Metode Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Sari view : 3 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.