PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA NONFIKSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 3

Khomsatun Amalia Hasanah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak cerita nonfiksi siswa kelas IVA SD Negeri Kotagede 3 dengan menggunakan media wayang kartun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Kotagede 3 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 siswa putra dan 15 siswa putri. Proses penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklusnya meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan  refleksi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada pratindakan siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 15 siswa atau 46.87% dengan nilai rata-rata kelas 72.5. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 17 siswa atau 53.13% dengan nilai rata-rata kelas 74.58. Pada siklus II dalam perbaikan mengalami peningkatan dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa atau 84.38% dengan nilai rata-rata 82.5.

Kata kunci: keterampilan menyimak cerita, wayang kartun


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asyhar Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Ayesha Ashfaq. (2009). A Study Of International Issues Through Cartoon Communication The Cases Of Pakistan And Norwegian Newspapers From September 2008 To February 2009: Jurnal Komunikasi Malaysian Journal of Communication:Jilid 28(1): 55-76. Diperoleh 4 April 2019, dari https://www.researchgate.net/publication/326113065_A_STUDY_OF_INTERNATIONAL_ISSUES_THROUGH_CARTOON_COMMUNICATION_THE_CASES_OF 4 April 2019

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Nafi’ah, S. A. 2018. ¬Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Satoto, Soediro. 2012. Analisis Drama & Teater Bagian 1. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa


Article Metrics

Sari view : 46 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.