PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DIPANDANG DARI MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR

Liana Dwi Kurniawati

Sari


Dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang baik, diperlukan peningkatan pendidikan yang erat kaitannya dengan meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran. Karena pendidikan merupakan semua perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah. Dalam proses pendidikan yang baik guru harus mempunyai strategi pembelajaran yang bisa dinilai untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada muatan pembelajaran IPA. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA yang dipandang dari motivasi siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together. Model Number Head Together merupakan model pembelajaran yang bervariasi dari diskusi kelompok. Model tersebut berpusat pada keaktifan siswa yang dilakukan secara berkelompok yang ditandai dengan penomoran/numbering sebagai ciri pokok pembelajarannya sebagai perantara pemanggilan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Artinya model pembelajaran tipe Number Head Together sangat berpengaruh dalam prestasi belajar IPA dan bisa memotivasi belajar siswa.

 

Kata kunci: Model Number Head Together, Prestasi Belajar IPA, Motivasi.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Masjid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agus Suprijono. 2009 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aris Shoimin. 2014 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2013. Metode Pembelajaran IPA . Jakarta: Bumi Aksara.

Euis Karwati dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Haryono, 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikan. Yogyakarta: Kepel Press.

Iif Khoiru Ahmadi dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Jumanta Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarater. Bogor: Ghalia Indonesia.

Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muhammad Fathurrohman dan Sulistiyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Teras.

Ruman. 2016. Model-model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Surjani Wonorahardjo. 2010. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD Kelas IV. Jakarta:Pusat Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman Samatowa. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Indeks.


Article Metrics

Sari view : 31 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.