IMPLEMENTASI DAN KENDALA MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI SEKOLAH DASAR

Liza Ayu Setyaningsih, Shanta Rezkita

Sari


Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa subjek dalam satu tema. Implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar membutuhkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, situasi kelas, dan karakteristik siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran snowball throwing. Penggunaan model pembelajaran ini menekankan siswa untuk memotivasi siswa dalam menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya serta mengembangkan keterampilan menyimpulkan informasi yang telah mereka peroleh melalui konteks nyata. Dalam pengimplementasiannya terdapat kendala yang dialami oleh seorang guru diantaranya beberapa siswa menuliskan pertanyaan di luar materi pembelajaran.

 

Kata Kunci: implementasi, snowball throwing, sekolah dasar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Azis Saefuddin. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Jumanta Hamdayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Miftahul Huda. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khaidir Gultom. 2017. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 366 Tegal Sari,” Jurnal Guru Kita. (Vol 2 Nomor 1). Hlm. 54-60

Kokom Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT.Refika Aditama.

Mastur. (2017). “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. (Vol. 4 Nomor 1). Hlm. 61-62.

Sa'dun Akbar, dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triastuti Handayani, dkk. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” Jurnal Curricula. (Vol. 1 Nomor 1). Hlm. 56


Article Metrics

Sari view : 12 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.