STRUKTUR BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPA

Maisoka Maisoka

Sari


Berpikir kritis adalah salah satu proses metakognitif melalui penilaian reflektif yang disengaja untuk menghasilkan kesimpulan logis dalam menyelesaikan sebuah masalah. Instruksi dalam pemikiran kritis menjadi sangat penting karena memungkinkan individu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih kompleks dari informasi yang mereka temui dan mempromosikan pengambilan keputusan yang baik dan pemecahan masalah dalam aplikasi di kehidupan siswa sehari hari, sedangkan pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang menekankan terhadap proses, sikap keilmuan dan produk untuk menyelesaikan permasalahan. Tinjauan ini menyelidiki kerangka teori dari keterampilan berpikir kritis dan pembelajaran IPA, serta model kognitif siswa SD pada pembelajaran IPA.

 

Kata kunci : berpikir kritis, siswa sekolah dasar, pembelajaran IPA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aly,Abdullah Eny Rahma. (2011). MKDU Ilmu Alamiah Dasar. Bumi Aksara:Jakarta

Atkinson, R.C., & Shiffrin, R.M. (1968). Human memory: A proposed system and its control processes. In K.W. Spence & J.T. Spence (Eds.), The psychology of learning and motivation, 2, 89-195. New York: Academic Press.

Baddeley, A.D., & Wilson, B.A. (2002). Procces recall and amnesia: Implications for the structure of working memory. Neuropsychologia, 43, 4, 583-587.

Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalamPembelajaran Sains. Jakarta : Depdiknas.

Dwyer, C., Hogan, M., & Stewart, I. (2014). ‘An integrated critical thinking framework for the 21st century’. Thinking Skills & Creativity, 12, 43-52.

Facione, P.A. (1990b). The Delphi report: Committee on pre-college philosophy. Millbrae, CA: California Academic Press.

Gambrill, E. (2006). Evidence-based practice and policy: Choices ahead. Research on Social Work Practice, 16, 3, 338-357.

Halpern, D.F. (2003). Thought & knowledge: An introduction to critical thinking (4th Ed.). New Jersey: Laurence Erlbaum Associates.

Krathwohl, D.R. (2002). A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory Into Practice, 41, 4, 212-218.

Marzano, R.J. (1998). A theory-based meta-analysis of research on instruction. Aurora, CO: Mid-Continent Regional Educational Laboratory. Retrieved 26/10/2007, from http://www.mcrel.org/pdf/instruction/5982rr_instructionmeta_analysis.pdf.

Marzano, R.J. (2001). Designing a new taxonomy of educational objectives. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Pollock, E., Chandler, P., & Sweller, J. (2002) Assimilating complex information. Learning & Instruction, 12, 61-86.

Romiszowski, A. J. (1981). Designing instructional systems. New York: Nichols.

Stobaugh, Rebecca. (2013). Assessing Critical Thinking in Middle and High Schools. New York: Routledge.

Sweller, J. (1999) Instructional design in technical areas. Australian Education Review No. 43. Victoria: Acer Press.


Article Metrics

Sari view : 9 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.