PENGARUH MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD

Nevi Cah Yanti, Heri Maria Zulfiati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV dan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar tematik antara kelas yang diberikan perlakuan dengan model Index Card Match dan kelas dengan perlakuan teknik Bertukar Pasangan pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar tematik siswa pada kelas yang diajar menggunakan model Index Card Match berkecenderungan tinggi sedangkan pada kelas yang diajar menggunakan teknik Bertukar Pasangan berkecenderungan rendah. Hasil uji t diperoleh thitung = 1,74 dan ttabel = 1,66 atau thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Artinya terdapat perbedaan signifikansi hasil belajar tematik antara kelas yang diajar menggunakan model Index Card Match dengan kelas yang diajar menggunakan teknik Bertukar Pasangan. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa model Index Card Match lebih berpengaruh dibanding teknik Bertukar Pasangan terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD se-gugus 3 Sewon Bantul.

Kata kunci: Index Card Match, Bertukar Pasangan, hasil belajar tematik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

______. (2003). Pasal 35 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Standar Kopetensi. Jakarta: Depdiknas.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Merti Selan dan Suroso Yustinus. (2017). "Penerapan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Berbantuan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar," Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol. 4 Nomor 2). Hlm. 140-153.

Silberman, M. L. (2017). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Si Ngurah Putu Suta Prawira, dkk. (2014). "Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD," Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 2 Nomor 1). Hlm. 1-9.

Sugiyono. (2011). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukardi. (2017). "Penerapan Model Active Learning Tipe Index Card Match pada Materi Operasi Hitung Pecahan Desimal", Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) (Vol. 2 Nomor 1). Hlm. 1-5.

Sukmadinata, N. S. (2016). Model Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Article Metrics

Sari view : 26 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.