PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI SDN KASATRIYAN

Novy Trisnani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kasatriyan materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kasatriyan yang berjumlah 21 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: hasil belajar matematika dengan menggunakan media kartu pecahan siswa kelas III SD Negeri Kasatriyan mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan pada siklus I sebesar 27,9% sedangkan pada siklus II sebesar 43,5%. Peningkatan tersebut disebabkan dalam menjelaskan aturan permainan kartu pecahan guru memberikan simulasi pelaksanaan permainan kartu pecahan, sehingga siswa dapat melakukan permainan kartu pecahan sesuai dengan aturan permainan.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pecahan Sederhana, Media Kartu Pecahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almira Amir. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Pedagogik Vol. 6, No.01 Tahun 2014, Hal 72-89.

Azhar Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Erna Hernawati. (2012). Penggunaan Kartu Bilangan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD Negeri Caturtunggal 4 Depok. Skripsi: UNY.

Gatot Muhsetyo (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

John D Latuheru (1998). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Depdikbud.

Mayke S. Tejasaputra. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al-Khwarizmi, Volume III, Edisi 2, Oktober 2015, Hal. 21 – 30

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumadi Suryabrata. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali.

Suwarsih Madya. (2007). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP.


Article Metrics

Sari view : 40 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.