KAJIAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Nuri Rohmawati, Endang Hangestiningsih

Sari


Artikel ini menjelaskan mengenai pembentukan karakter melalui penerapan program sekolah ramah anak di satuan pendidikan sekolah dasar. Terdapat banyak kebijakan pendidikan dari pemerintah yang dapat diterapkan dalam program yang dilaksanakan di sekolah. Salah satunya adalah kebijakan sekolah ramah anak. Melalui program sekolah ramah anak, siswa diposisikan sebagai subyek yang hidup sehingga proses pendidikan dapat diwujudkan dengan kondisi yang aman, bersih, sehat, terjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan. Siswa diberikan kebebasan dalam mengekspresikan pendapatnya dalam berbagai bidang pengetahuan yang diminati tanpa ada tekanan, diskriminasi atau kekerasan dari orang lain. Dengan program sekolah ramah anak diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang baik  dan berkualitas untuk kelangsungan hidup di lingkungan sosial.

Kata kunci: sekolah ramah anak, pembentukan karakter.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Deputi Tumbuh Kembang Anak. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Anshory, I., & Ulum, B. (2017). Konsep Pendidikan Ramah Anak dalam Membangun Karakter Siswa Kelas Rendah di SD Muhammadiyah. Prosiding, SENASGABUD Edisi 1 Tahun 2017. Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.

Dewantara, K. H. (2012). Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Hajaroh, M., Rukiyati, Purwastuti, L. A., & Saptono, B. (2017). Analisis Kebiajakan Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisir Wisata. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Kristanto, Khasanah, I., & Karmila, M. (2011). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (SRA) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-kecamatan Semarang Selatan. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1, 41.

Lickona, T. (2012). Educating For Character (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Bandung: Cahaya Prima Sentosa.

Misnatun. (2016). Pola Pembentukan Karakter Anak Melalui Pendidikan Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam/Vol. 5, No. 2, 19.

Republik, Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rini, R. A. (2018, Agustus 13). Tribunnews.com. Diakses tanggal 28 Maret 2019 dari http://www.tribunnews.com/nasional/2018/08/13/periode-april-juni-2018-kpai-temukan-33-kasus-pelanggaran-hak-anak-terjadi-di-sekolah

Subur, Qosim, M. N., & Nugroho, I. (2018). Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di SDN Geger Tegalrejo. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA) di Jakarta, tanggal 23-25 Maret 2018. Jakarta: Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‗Aisyiyah (APPPTMA)

Susanto. (2018). Panduan Perlindungan Guru di Sekolah, Madrasah dan Pesantren. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Article Metrics

Sari view : 12 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.