PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI NILAI NASIONALISME DAN NILAI MORAL DI SD N WIROKERTEN

Nurmalita Aryani, Trisharsiwi Trisharsiwi, Dwi Wijayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam implementasi nilai nasionalisme dan nilai moral, mengetahui hambatan dalam implementasi nilai nasionalisme dan nilai moral, mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan dalam implementasi nilai nasionalisme dan nilai moral di SD N Wirokerten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SD N Wirokerten Bantul. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas II, IV A dan IV B serta siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu, serta menggunakan bahan referensi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan data analisis kualitatif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Kepala sekolah berperan dalam mengimplementasikan nilai nasionalisme dan nilai moral dalam kegiatan di kelas maupun kegiatan di luar kelas. Kepala sekolah sebagai motivator, educator, evaluator dan leader.

Kata kunci: peran kepala sekolah, nilai nasionalisme, nilai moral


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryani, M. (2010). Pendidikan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indah.

Bakry, N. (2015). Pendidikan Kewarganegaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bertens, K. (2008). Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Budiningsih, C. A. (2008). Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Gandhi, B. (2012). Perilaku Nasionalistik Masa Kini dan Ketahanan Nasional: Permasalahan Nasionalistik Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Mata Bangsa.

Hadiyati, U. (2018). "Implementasi Nilai Moral dan Nasionalisme dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Sonosewu Bantul Yogyakarta," Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Juliardi, B. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kastono. (2016). "Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah SD Negeri Ngawen III Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. IV, Nomor 2), 165-171.

Ketamansiswaan, T. D. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Lubis, M. (2009). Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN Cet.II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchson, & Samsuri. (2013). Dasar-dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Ombak.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, H. (2012). Perilaku yang harus diterapkan guna Membangun Karakter Negara dan Bangsa. Yogyakarta: Mata Bangsa.

O'neil, W. F. (2008). Ideologi-ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Parmanto, T. (2012). Perilaku Nasionalistik Masa Kini dan Ketahanan Nasional. Yogyakarta: Mata Bangsa.

Pendidikan, D. T. (2007). Pendidikan dan Pelatihan: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Tenaga Pendidikan.

Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Rukiyati, d. (2008). Pendidikan Pancasila Indonesia. Yogyakarta: UNY Press.

Setyawan, G. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: ALfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarno. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai Lokal. Prosiding Seminar Nasional. Bandung: Prodi PKn SPs UPI.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.


Article Metrics

Sari view : 27 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.