KAJIAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Ria Novira Ambarukmi, Dwi Wijayanti

Sari


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yaitu penelitian yang dilakukan setelah perbedaan variabel independen terjadi karena perkembangan suatu peristiwa secara alami. Metode penelitian ex-post facto ini variabel bebasnya telah terjadi dan tidak dilakukan pada saat penelitian berlangsung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunaan teknik simple random sampling, dimana pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tesebut.  Subjek dalam penelitian ini berpusat pada siswa dan guru. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner dan metode dokumentasi. Untuk menemukan hubungan variabel dependen dua variabel indepependen, teknik pengelolaan data yang digunakan adalah regresi ganda.

Kata kunci: Pendidikan, perhatian orang tua, motivasi belajar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.M, Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Andy, Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik – Panduan Lengkap Aplokatif. Yogyakarta: DIVA Press

Arief, Furchan. (2002). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Febriany, Rani dan Yusri (2014). “Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas-tugas Sekolah” Jurnal Ilmian Konseling, (Vol. 2 Nomor 1). Hlm. 1-8.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nisa Zuhrotun, dan A.Y Soegeng (2014). “Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Kembangarum 2 Mranggen Demak”. Jurnal PGRI Semarang, (Vol. 4 Nomor 2). Hlm. 1-9.

Saefuddin, A. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukuran . Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Sari view : 3 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.