PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD N BALUWARTI YOGYAKARTA

Rifkhi Faridatul Rahma, Endah Marwanti

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V SD N Baluwarti Yogyakarta. Mendeskripsikan faktor penghambat guru dalam menjalankan perannya pada proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V SD N Baluwarti Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang serta secara individual atau kelompok. Berdasarkan penelitian ini hasil yang diperoleh dari observasi terhadap guru yaitu: Peran guru dalam meningkatkan hasil belajar. Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari fasilitator, motivator, dan pembimbing, metode yang digunakan. Faktor internal dan eksternal dalam meningkatkan hasil belajar dan peran guru dalam evaluasi pembelajaran.

 

Kata kunci: Peran Guru, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.


 

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitrah, Muh. (2017). Metodologi Penelitian. Sukabumi: CV Jejak.

Hakim. (2014). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Kirom, Askhabul. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Kependidikan. Vol 3 No. 1. (diakses pada tanggal 15 April 2019).

Lefudin. (2017). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Depublish Publisher

Muhammad, Nur, Wangid. (2009). Sistem Among Kajian Konsep Dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan. Vol XXXIX No. 2. (diakses pada tanggal 15 April 2019).

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Siska, Yulia. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Suwarno. (1992). Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soyomukti. (2013). Teori-Teori Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inspirator. Semarang: Media Group.

Tim Dosen Ketamansiswaan. (2014). Ketamansiswaan. Yogyakarta: UST.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wahab, A. A. (2012). Konsep Dasar IPS. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Wiyono, T. (2010). Rekonstruksi Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.