KAJIAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Riski Oktafiani Nur Azizah

Sari


Artikel ini menjelaskan mengenai penanaman dan kemunculan sikap ilmiah yang ditunjukkan oleh siswa dalam pembelajaran IPA. Hakikat sains terdiri atas tiga aspek yaitu sains sebagai produk, proses, dan sikap ilmiah. Salah satu mata pelajaran yang diberikan di sekolah dasar adalah IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Pembelajaran IPA di SD ditujukan untuk memberi kesempatan siswa memupuk rasa ingin tahu secara ilmiah, mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban atau fenomena alam berdasarkan bukti, serta mengembangkan cara berfikir ilmiah. Dalam pembelajaran IPA masih kurangnya penanaman sikap ilmiah sehingga kurang terbentuknya sikap ilmiah siswa. Adapun permasalahan saat ini adalah peserta didik pada saat pembelajaran IPA hanya menunjukkan beberapa sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Pendayagunaan media pembelajaran yang kurang optimal oleh guru sehingga terkesan pasif. Dengan menggunakan metode eksperimen, maka dapat ditemukan cara yang tepat dan menyenangkan untuk siswa SD dalam memunculkan sikap imiah siswa. Metode eksperimen sesuai untuk pembelajaran IPA karena mampu memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan kreativitas secara optimal.

Kata kunci: metode eksperimen, sikap ilmiah, pembelajaran IPA.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Dewantara, K. H. (2012). Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Nana Hendracipta. (2016). “Menumbuhkan sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri,” Jurnal PSD, Volume 2 No.1, 110.

Hurlock, Elizabeth B. (2008). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Jumanta Hamdayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung: CV Wacana Prima.

Maskeori Jasin. (2010). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maslichah Asy’ari. (2006). Penerapan Pendekatan Sains – Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Nana Hendracipta. (2016). “Menumbuhkan sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri,” Jurnal PSD, Volume 2 No.1, 110.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Saina Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Sumiati dan Arsa. (2008). Metode pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Usman Samatowa. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.


Article Metrics

Sari view : 12 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.