KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Santi Herlina Wati, Anang Sudigdo

Sari


Pembelajaran Bahasa Indonesia terutama keterampilan menulis di lingkungan sekolah dasar masih kurang diminati oleh siswa. Keadaan tersebut dikarenakan kebanyakan siswa ragu apabila diminta untuk menuangkan suatu ide dari dalam pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang dihadapi ketika siswa diminta untuk menulis adalah keluhan siswa untuk menulis dengan banyak tulisan serta kesulitan siswa dalam menuangkan ide dan merangkai kata agar menjadi paragraf yang padu. Mind mapping sangat penting diterapkan pada pembelajaran menulis karangan narasi karena dengan penerapan model pembelajaran tersebut siswa dapat menuliskan apa saja yang akan dicantumkan dalam karangan yang dibuat. Dengan demikian, teks karangan narasi yang dibuat oleh siswa akan  tersusun dengan runtut dan menjadi susunan paragraf yang padu. Tujuan kajian pustaka ini adalah agar siswa lebih terampil dalam menulis karangan narasi melalui  pembuatan peta pikiran (mind mapping). Metode dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

 

Kata Kunci: karangan narasi, model mind mapping.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, Soebachman. (2014). 4 Hari Mahir Menulis: Artikel, Cerpen, Novel, Skripsi. Yogyakarta: Syura Media Utama.

Dewi, Kusumaningsih, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Andi.

Dian, Nurmala. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SD N Wonosari I Turi Sleman. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.

Eva, Nurmala. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri Lolawang Ngoro Mojokerto. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Merrina, Andy Malladewi. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Vol. 1 Nomor 2 (diakses pada tanggal 19 Desember 2018)

Miftahul, Huda. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Ummul, Khair. (2018). Pembelajaran Bahasa dan Indoensia (BASASTRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 2 No. 1 ( diakses pada tanggal 17 Desember 2018).

Vera, Sardila. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 40 No. 2 (diakses pada 22 Maret 2019).

Mar’atus, Sholihah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hail Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 8 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Universitas Negeri Malang. (diakses pada 22 Maret 2019).

Andi, Susi, Suriana. P. D. (2016). Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Humanika. Vo. 1 No. 16 (diakses pada tanggal 27 Maret 2019).

Mahmudi, dkk. (2013). Menulis Narasi Dengan Metode Karyawisata dan Pengamatan Objek Langsung Serta Gaya Belajarnya. Journal of Primary Education Vo. 2 No. 1 (diakses pada tanggal 27 Maret 2019).

Rosdiana, Mawarni. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas III SD N Pencar 2, Sleman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 15 Tahun ke IV Agustus 2015 (diakses pada tanggal 27 Maret 2019).

Abdul, Karim. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Mind MapPada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. Jurnal Ijtimaiya. Vol. 1 No. 1 (diakses pada tanggal 27 Maret 2019).

Santi, V. P, dkk. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling. Vol. 5 No. 2 (diakses pada tanggal 27 Maret 2019.


Article Metrics

Sari view : 120 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.