PENTINGNYA PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH

Taufiq Ismail

Sari


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Nogotirto Yogyakarta. Subyek pada penelitian ini yaitu kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying siswa yang terjadi ialah siswa mengolok-olok dan mengejek teman, menjahui teman, dan meminta uang saku pada temannya. Cara guru kelas dalam mengatasi perilaku bullying siswa yaitu dengan melakukan bimbingan secara klasikal maupun individu. Peran guru kelas dalam mengatasi perilaku bullying siswa disekolah dengan berkoordinasi dengan orang tua wali siswa, membentuk kelompok belajar didalam kelas, menanamkan sikap kebersamaan serta sikap keakraban, melakukan pengarahan secara klasikal atau pribadi, dan berkoordinasi dengan siswa untuk menasehati siswa yang melakukan tindak bullying.

Kata Kunci : Peran guru, perilaku bullying, bentuk bullying


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifuddin & Saebani, Beni Ahmad. 2009. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: CV Pustaka Setia.

Astuti, Ponny Retno. (2008). Meredam Bullying: 3 cara efektif menanggulangi kekerasan pada anak. Jakarta: Grasindo.

Danim, Sudarwan. 2011. PENGANTAR KEPENDIDIKAN Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Djaman Satori. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djiwandono, Sri Esti W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Mandiri, Juang.A. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Atas Di SD Muhammadiyah 6 Surakarta. Jurnal PGSD, Vol.1(1), hlm 3.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen Ketamansiswaan. 2013. Materi Kuliah KETAMANSISWAAN. Yogyakarta: UST.

Zakiyah, Ela. Z., Sahadi, H., Meilanny, B. S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal FISIP, Vol.4 (2), Hal 326.


Article Metrics

Sari view : 50 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.