PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Via Yesika Saragih

Sari


Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis pembelajaran Problem Solving terhadap proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Metode pembelajaran Problem Solving sangat erat kaitannya dengan cara siswa mampu memecahkan masalah pada suatu materi pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang berlangsung tidak pasif, siswa mampu berpendapat, dan mampu bekerjasama. Dengan pengunaan metode pembelajaran Problem Solving hasil belajar siswa juga lebih meningkat khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar.

 

Kata kunci: Problem Solving, Ilmu Pengetahuan Alam.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati 2013. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksari.

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Janawi. 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Republik Indonesia. 2013. Undang-undang No 20 Tahun 2013 Tentang Pendidikan di Indonesia.

Shoimatul Ula. 2013. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Usman Sumatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Dewi Lestari. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD 1 Petir. PGSD.

Anjrah Setyarka. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem solving untuk meningkatkan kemampuan menyelenggarakan soal cerita tentang pcahan pada siswa kelas V SDN 1 Krakal.vol 4. Hlm.2-3.


Article Metrics

Sari view : 19 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.