PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV

Wahidatun Hidayah

Sari


Penelitian ini secara bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar tematik muatan PKn siswa kelas IV SD se-Gugus Empat Koordinasi Wilayah Sewon Bantul tahun ajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Peneltian ini menggunakan menggunakan quasi eksperimen atau eksperimen semu. Sampel penelitian ini sebanyak 86 siswa yang diambil secara random. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipr Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. (perbedaan) tersebut dilihat dari skor hasil belajar tematik muatan PKn siswa diperoleh thitung lebih besar dari (2,394), sedangkan ttabel =(1.66277) pada signifikan 5%. Hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel(2,394>1.66277). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar tematik muatan PKn siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci : pembelajaran tematik, hasil belajar, PKn, Jigsaw

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar Mengajar

di Sekolah. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Ki Hadjar Dewantara. (2013). Pemikiran,

Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka,

Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa.

M. Zainal Mustamiin. (2016). “Pengaruh

Penggunaan Model Koopertif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Di Tinjau Dari Motivasi Berprestasi”.(Vol.1 Nomor 2). Hlm. 68

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeda.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeda.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian.

Jakarta : Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2013). Konsep dan Makna

Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Winaro.(2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman.(2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.


Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.