KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DITINJAU DARI AJARAN TRILOGI KEPEMIMPINAN

Wida Dwi Prasetyo

Sari


Artikel ini menjelaskan tentang kompetensi guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari ajaran trilogi kepemimpinan. Guru merupakan salah satu komponen penting yang mempunyai peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa bisa maju tidak lepas dari peran seorang guru. Guru yang memiliki kualitas dasar ilmu yang kuat dan kualitas kepribadian yang baik akan menjadi tumpuan dalam mempercepat kelahiran generasi-generasi yang mandiri dan berahlak. Guru sebagai pemimpin di dalam kelas haruslah mempunyai sikap kepemimpinan. Bicara mengenai kepemimpinan, sebuah warisan ilmu dari Ki Hajar Dewantara. Salah satu warisan ilmu beliau yakni adanya perguruan Tamansiswa. Dalam proses pendidikan seorang guru sebagai pemimpin harus mengimplementasikan konsep trilogi kepemimpinan, yaitu Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani (membimbing dengan keteladanan, membina dengan membangun kehendak, dan mendorong kreativitas dengan memberikan kekuatan). Artikel ini juga menjelaskan indikator kompetensi guru dalam prosses pembelajaran dan trilogi kepemimpinan.

 

Kata kunci : kompetensi guru, trilogi kepemimpinan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Muhammad. (2010). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Barnawi & Muhamma Arifin. (2012). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Denim, Sudarwan. (2011). Kepemimpinan Pendidikan (Kepemimpinan Jenius IQ+EQ, Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos). Bandung : Alfabeta CV.

Dewi, Liliana. (2018). Implementasi Trilogi Kepemimpinan Tamansiswa Dalam Penguatan Karakter di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi UST, tidak diterbitkan : Yogyakarta.

Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hediana Windasari, Dyah. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SD N Jarakan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi UST, tidak diterbitkan : Yogyakarta.

Janawi. (2011). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung : Alfabeta.

Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Musyafa, Haidar. (2015). Sang Guru Novel Biografi Ki Hadjar Dewantara, Kehidupan, Pemikiran, dan Perjuangan Pendiri Tamansiswa (1889-1959). Jakarta Selatan : Imania.

Sisdiknas. (2011). Peraturan Pemerintah R.I Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar. Bandung : Citra Umbara.

Supardi. (2013). Kinerja guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Trisharsiwi, dkk. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan. UST : Yogyakarta.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Sari view : 20 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.