IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MENUJU ERA REVOLUSI 4.0

robiatul adawiyah

Sari


Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter menuju era revolusi 4.0 di sekolah SMAN 1 Ceper, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini merupkan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru yang mengajar di kelas XI IPS, wali murid, dan komite sekolah. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan purposif yaitu dipilih dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan melakukan observasi partisipatif di kelas XI IPS disertai dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan  analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter menuju era revolusi 4.0 yang dilaksanakan di SMAN 1 Ceper meliputi kegiatan dalam  pembelajaran, tersedianya slogan-slogan yang dipajang di tempat-tempat tertentu, aturan-aturan  tata berpakaian, jadwal piket, buku jadwal kedatangan siswa, program “Jumat Infaq” dan hubungan kekeluargaan dan gotong royong yang baik dan kondusif. Implementasi pendidikan karakter menuju era revolusi 4.0 di SMAN  1 Ceper, Klaten juga dilakukan dalam kegatan ekstrakurikuler, yakni kegiatan pramuka. Nilai-nilai karakter  implementasi pendidikan karakter menuju era revolusi 4.0 di SMAN 1 Ceper, Klaten meliputi nilai religius,  kedisiplinan, nasionalisme dan kebangsaan, tanggung jawab, kekeluargaan, gotong rorong , kemandirian, rasa ingin tahu dan kritis.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Era revolusi industri 4.0

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunawan. Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan: suatu analisis sosiologi tentang

pelbagai problem pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.http://aceh.tribunnews.com/2018/11/27/menjadi-guru-era-pendidikan-40

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. 2010. Pengenbangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Balitbang Kemendiknas.

Suwardana. Hendra. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK, Vol.1, No.2. Hal. 102-110

Tilaar, H.A.R. 1991. Sistem Pendidikan Nasional yang Kondusif bagi Pembangunan Masyarakat Industri Berdasarkan Pancasila. Jakarta: LIPI.

https://www.kompasiana.com/mzainuddinbadollahi/5caaca2095760e19a54466a4/pendidikan-era-4-0-tantangan-harapan-dan-peluang-terhadap-pendidikan-dan-kebudayaan-nasional?page=all


Article Metrics

Sari view : 23 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.