TANTANGAN DAN STRATEGI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

duwi retnaningsih

Sari


Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang menuntut perubahan secara cepat. Era ini ditandai adanya sistem cyber-fisik, komputasi awan dan Internet of Things (IoT). Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi dunia pendidikan. Guru harus memahami tantangan dan strategi dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil subjek penelitian guru di lingkungan SMA Negeri 2 Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan library research. Wawancara dilakukan untuk mengetahui pendapat guru terhadap era Revolusi Industri 4.0 bagi dunia pendidikan, tingkat kesiapan guru, tantangan dan strategi yang dilakukan guru untuk menghadapi era tersebut. Adapun library research dilakukan untuk membandingkan antara teori dan realita, antara harapan dan kenyataan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data dan menyusun hasil wawancara serta kaji teori. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa tantangan besar guru adalah penguasaan IT, profesionalisme, kreativitas pembelajaran, ketidaksesuaian waktu dengan beban belajar, serta sikap tidak mau berubah dari guru. Adapun strategi yang ditempuh guru untuk menyiapkan era Revolusi Industri 4.0 adalah dengan mengupgrade kemampuan, mengubah pola pikir, mengikuti pelatihan, melakukan inovasi pembelajaran maupun menggalakkan kemampuan literasi.

Kata Kunci: Revolusi Industri 4.0, tantangan guru, strategi guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasan Subekti, M. T. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi STEM untuk Menyiapkan Calon Guru Sains dalam Meghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Education and Human Development Journal, Vol.3 No. 1, 81-90.

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education & Literacy Studies (IJELS) Volume:6 Issue: 3, 92-98.

Pornchai Jedaman, K. B. (2019). Educational Management in Transition of Science: Policies and Strategic Leaders for Sustainable Education 4.0 in the 21st Century Science Classroom. AIP Conference Proceeding 2081 (pp. 030022-1 -030022-11). Thailand: AIP Publishing.

Pratama, D. A. (2019). TANTANGAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam March 2019, Vol. 03 No. 01, p. 198-226, 198-226.

Supriatna, A. (2018). Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya (Era Revolusi Industri 4.0). Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS 2018 (pp. 1-3). Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Tresya, V. (2019). Retrieved August 26th, 2019, from maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/revolusi-industri-4-0.html


Article Metrics

Sari view : 13 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.