PENERAPAN INKUIRI BERBANTUAN MEREALIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI

Amin Dwi Astuti

Sari


Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi  dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media realia pada materi sel. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik SMA Negeri 1 Ceper kelas  XI  IPA 4 semester 1 tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 24 orang  yaitu 14 wanita dan 10 laki-laki. Penelitian ini adalah jenis penelitian  tindakan kelas yang direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan  dan  refleksi . Setiap siklus  terdiri dari dua kali  pertemuan. Setiap pertemuan terdiri 2 jam pelajaran (2x45 menit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri berbantuan merealia dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. Aktivitas  peserta didik  meningkat setiap siklus dengan ketercapaian indikator  pra siklus tercatat  2 cukup baik dan  3 kurang  baik dari 5 indikator,  siklus I tercatat  1 baik dan 4 cukup baik dan pada siklus  II menunjukkan peningkatan indikator baik menjadi 4 dan cukup baik hanya 1 indikator. Rata-rata nilai peserta didik meningkat setisp siklus yaitu 54,29; 72,04 dan 78,96.  Prosentase peserta didik yang  tuntas juga mengalami peningkatan yaitu 38%, 79% dan 92%.

Kata Kunci: Inkuiri, Merealia (Media Realia), Prestasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhnita, KY Margiati dkk. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Realia Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Kusuma

Suharsimi Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Sund dan Throwbridge. (2042). Teaching science by Inquiry in The Secondary School. Columbus: Charles E Merill Publishing Company.

Widya Sarni. (2012). Penggunaan Media Realia Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN 11 Segarau Kabupaten Sambas.


Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.