PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN METODE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POSTER

synder prasetyo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Kimia Minyak Bumi melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif learning together berbantuan media poster pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Ceper, Klaten semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua (2) siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan tes tulis bentuk pilihan ganda. Pada siklus I, sebanyak 14 siswa tuntas (67%) dan meningkat menjadi 90% (19 siswa) pada siklus II. Hasil observasi menunjukkan peningkatan keaktifan kelas dalam proses belajar mengajar selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif learning together berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia.

Kata Kunci: Prestasi belajar, Learning Together, Media Poster


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, L. (2013). Pengaruh penggunaan media pembelajaran poster terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara tahun pembelajaran 2012/2013, (Online), (http://jurnalonline/media-poster/08156/092, diakses 1014 September 2019).

Hisyam, Zaini. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif, Implementasi dan Kendalanya di Dalam Kelas. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional halaman 1 – 11.

Irfiandita, R.M. dan Hidayat, T. (2014). Penerapan media poster dan media audiovisual terhadap hasil belajar pada materi passing bawah bola voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3):695–698.

Rizawayani, Sri Adelila Sari, Rini Safitri. (2017). Pengembangan Media Poster Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 127 – 133.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media


Article Metrics

Sari view : 10 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.