MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS XI IPS-3 SMAN 1 KARANGDOWO MENGGUNAKAN GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN TIK MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA

Novia Dewi Anggasari

Sari


Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengenalkan materi perangkat lunak pengolah angka kepada siswa kelas XI IPS-3 SMAN 1 Karangdowo. Proses pembelajaran yang dilakukan guru mengalami kendala, yaitu hasil belajar siswa rendah. Nilai siswa tidak mencapai KKM yang sudah ditentukan, yaitu 75. Upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik, yaitu strategi pembelajaran Group Investigation. Group Investigation dilakukan secara berkelompok, diharapkan saat proses pembelajaran siswa lebih aktif di kelas baik dalam berdiskusi dan menginvestigasi materi atau permasalahan yang diberikan oleh guru. Strategi pembelajaran Group Investigation merupakan rangkaian penyampaian materi ajar yang diawali dari kelompok untuk menginvestigasi suatu permasalahan yang telah diberikan oleh guru. Indikator keberhasilan adalah terdapat 75% siswa yang tuntas KKM (KKM 75). Berdasarkan data pada penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 33% (10) siswa tuntas KKM. Lalu, pada siklus I terdapat 60% (18) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus II terdapat 80% (24) siswa tuntas KKM. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus II.

Kata kunci: Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kelas XI IPS-3, Hasil Belajar, Group Investigation.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Kunandar. 2014. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurnia, Imas, dan Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Strategi pembelajaran untuk Peningkatan Profesi Guru. Surakarta: Kata Pena.

Mulyasa, E. 2016. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-strategi pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taniredja, Tukiran dkk. 2012. Mode-mode Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta .

Wiriaatmadja, Rochiati. 2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Sari view : 19 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.